PEMERINTAH KABUPATEN BOYOLALI
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
SMP NEGERI
2 BANYUDONO
TERAKREDITASI
A
Alamat: Jalan Jembungan, Banyudono, Boyolali 57373
Telepon 082137392225
VISI
DAN MISI SEKOLAH
A. Tujuan Pendidikan
1.
Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan nasional
yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
2. Tujuan Pendidikan
Menengah
Meningkatkan kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
3. Tujuan Pendidikan Dasar
Meletakkan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
B. Visi dan Misi SMP Negeri 2 Banyudono
1. Dasar Pemikiran
SMP Negeri 2
Banyudono, sebagai sebuah sekolah yang berada di pedesaan, terpanggil untuk
mengangkat harkat dan martabat masyarakat melalui pendidikan. Ini dilandasi
dengan kesadaran bahwa pendidikan adalah aset paling berharga untuk kehidupan
masa depan yang semakin berkualitas.
Setiap guru diharapkan mampu:
¨ Memahami pembelajaran saintifik pada kurikulum 2013
¨ Membedakan dimensi faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dari
pengetahuan
¨ Mengembangkan keterampilan siswa pada ranah konkrit dan abstrak
¨ Merancang dan melaksanakan pembelajaran saintifik dengan model-model pembelajaran
¨ Menilai pelaksanaan pembelajaran saintifik
Pembelajaran
saintifik merupakan
pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun
pengetahuan melalui metode ilmiah. Model pembelajaran yang diperlukan
adalah yang memungkinkan terbudayakannya kecakapan berpikir sains,
terkembangkannya “sense of inquiry” dan kemampuan berpikir
kreatif siswa (Alfred De Vito, 1989)
Untuk memperkuat pendekatan ilmiah
(scientific), tematik terpadu
(tematik antarmata pelajaran), dan tematik
(dalam suatu mata
pelajaran) perlu diterapkan
pembelajaran berbasis
penyingkapan/ penelitian
(discovery/inquiry
learning). Untuk mendorong
kemampuan peserta didik untuk
menghasilkan karya kontekstual, baik
individual maupun kelompok
maka sangat disarankan
menggunakan pendekatan
pembelajaran yang menghasilkan
karya berbasis pemecahan masalah(project based learning).
(Permendikbud No 65/2013)
2. Visi : Menjadi Sekolah Maju yang Beriman , Cerdas Terampil, dan Misioner. (Beriman CTM)
3. Misi SMP Negeri 2 Banyudono merumuskan
cara-cara mendasar untuk meraihnya, yang disebut misi, yaitu :
a.
Mewujudkan
pendidikan yang menghasilkan peserta didik
yang beriman mendalam.
b.
Mewujudkan
pendidikan yang menghasilkan lulusan yang
cerdas, berprestasi akademik dan nonakademik.
c.
Mewujudkan
pendidikan yang menghasilkan lulusan yang terampil
d.
Mewujudkan
pendidikan yang menghasilkan lulusan yang misioner (bisa mengamalkan/mewartakan
yang dimuliki)
e.
Mewujudkan
kurikulum yang berkualitas, yaitu holistik, sesuai dengan potensi dan kebutuhan
siswa, dan konteks sekolah.
f.
Mewujudkan
proses pembelajaran yang dinamis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan
menggunakan konsep pendekatan saintifik
g.
Mewujudkan
sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan, yang
mampu mengukur kompetensi siswa secara utuh.
C. Tujuan Sekolah
Misi Pertama : Mewujudkan
pendidikan yang menghasilkan peserta didik
beriman mendalam.
Tujuan
dari misi pertama di atas adalah sebagai berikut:
a.
Terwujudnya lulusan yang berkepribadian baik berdasarkan
nilai agama dan nilai sosial budaya bangsa.
b.
Terwujudnya lulusan yang mempunyai iman mendalam dan
tangguh sesuai dengan agamanya serta tidak goyah akan bujukan dalam bentuk apa
pun.
c.
Terwujudnya
perilaku lulusan yang bermoral, berkarakter, berakhlak mulia dan berbudi
pekerti luhur
d.
Tertanamnya
nilai-nilai akhlak yang mulia ke dalam diri peserta didik yang kemudian
terwujud dalam tingkah lakunya
Misi Kedua : Mewujudkan
pendidikan yang menghasilkan
lulusan cerdas
Tujuan
dari misi kedua di atas adalah sebagai berikut :
a. Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan berpengetahuan, berprestasi
di bidang akademik yaitu berhasil masuk 20 besar di tingkat kabupaten.
b. Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan berprestasi bidang
nonakademik, minimal masuk 10 besar di tingkat Kabupaten Boyolali
c. Peningkatan nilai rata-rata ujian nasional minimal + 0,05 setiap tahun,
yaitu dari 6,20 tahun 2011/2012 menjadi 6,40 pada tahun 2015/2016
Misi Ketiga : Mewujudkan
pendidikan yang menghasilkan lulusan terampil
Tujuan
dari misi ketiga di atas adalah sebagai berikut :
Ø Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan terampil yaitu cakap dalam
menyelesaikan tugas; mampu dan cekatan .
Misi
Keempat : Mewujudkan pendidikan yang
menghasilkan peserta didik misioner .
Tujuan
dari misi keempat di atas adalah sebagai berikut :
a. Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan peserta didik misioner yaitu mampu
mengamalkan apa yang ada dalam dirinya .
b. Terwujudnya
peserta didik yang mampu mengamalkan imannya dalam keluarga dan masyarakat.
c. Terwujudnya peserta
didik yang mampu mengamalkan kecerdasannya dalam keluarga dan masyarakat.
d. Terwujudnya
peserta didik yang mampu mengamalkan keterampilannya dalam keluarga dan
masyarakat.
Misi
Kelima : Mewujudkan kurikulum yang
berkualitas, yaitu holistik, sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa, dan
konteks sekolah.
Tujuan
dari misi kelima di atas adalah sebagai berikut:
a. Terwujudnya perangkat Kurikulum yang lengkap, utuh, dan relevan dengan
kebutuhan siswa dan konteks sekolah.
b. Terwujudnya perangkat pendukung Kurikulum (misalnya buku pedoman dan
petunjuk khusus) yang melengkapi kurikulum.
Misi
Keenam : Mewujudkan proses pembelajaran
yang dinamis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan konsep
pendekatan saintifik
Tujuan
dari misi keenam di atas adalah sebagai berikut:
a.
Setiap
guru mampu mengembangkan silabus dan menyusun RPP
b.
Terwujudnya proses pembelajaran yang dinamis,
kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan konsep pendekatan
saintifik.
c.
Terwujudnya berbagai perangkat (misalnya modul dan
LKS) yang mendukung proses pembejaran dengan konsep pendekatan saintifik.
Misi
Ketujuh : Mewujudkan sistem penilaian
yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan, yang mampu mengukur
kompetensi siswa secara utuh.
Tujuan
dari misi ketujuh tersebut adalah sebagai berikut:
a. Terwujudnya sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan
berkelanjutan.
b. Terwujudnya berbagai dokumen administrasi penilaian yang lengkap, utuh, dan
akurat.
c. Setiap guru
dapat melaksanakan penilaian langsung (authentic assessment)
D. Slogan
1.
“Iman Tanpa Perbuatan Mati , Sukses Tanpa Belajar
Mustahil.”
2.
“ Hidup Adalah Belajar Tanpa Batas, Maka Terus dan
Teruslah Belajar!
3.
“Ora Et Labora – Belajar dan Berdoa.”
4.
“Tiada
Hari Tanpa Prestasi, Tiada Hari Tanpa Belajar.”
Kepala
Sekolah,
YUDHI SABARTONO,
S.KOM
NIP
. 19650416 198703 1 006
|
0 komentar:
Posting Komentar